Rabu, 29 September 2010

"Jangan Hanya Suka Mengeluh"

Lingkungan (Environment) merupakan isu global yang menarik perhatian semua kalangan di penjuru dunia.  Berbagai pertemuan tingkat tinggi nasional hingga internasional tak henti-hentinya dilakukan, guna membicarakan penanggulangan dan pencegahan kerusakan lingkungan yang semakin mengancam kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya. Membicarakan kerusakan lingkungan untuk skala yang lebih ekslusif seperti konfrensi dan semacamnya hanyalah mengfokuskan kepada para ahli, praktisi, pengambil kebijakan dan pengusaha. Peran masyarakat yang sangat berarti terkadang terabaikan.

Masalah tentang lingkungan bukan lagi satu hal yang baru bagi kita. Setiap hari kita mendengarkan, membaca bahkan melihat kejadian-kejadian yang terjadi di lingkungan, baik yang berada di dekat kita maupun yang berada jauh dari kita.  Lingkungan hidup adalah suatu sistem keseimbangan dan saling ketergantungan antara komponen satu dengan yang lain. Manusia adalah salah satu bagian dari sistem ini karena manusia memenuhi kebutuhan hidupnya diperoleh dari lingkungan.  Beberapa persoalan yang dapat kita lihat yang terjadi di lingkungan kita yaitu pencemaran laut, pencemaran udara, banjir, berkurangnya lahan serapan air karena pembangunan serta buangan sampah di selokan dan aliran-aliran sungai.
Seringkali kita suka mengeluh bahwa daerah ini kotor, banyak sampah ataupun bahkan kita sering mempersalahkan pemerintah karena kurangnya perhatian terhadap lingkungan. Kita janganlah hanya suka mengeluh, mempersalahkan orang lain, tetapi bagaimana kita harus sadar bahwa semuanya itu harus berawal dari kesadaran kita sendiri. Kebiasaan kita membuang sampah sembarangan, membuang puntung rokok sembarangan, membuang sisa botol air mineral atau plastik-plastik belanjaan, semua itu perlu kita hilangkan. Jika perlu sediakanlah/buatlah tempat sampah atau carilah tempat sampah apabila mau membuang kotoran/sisa-sisa sampah kita sehinga tidak membuang sampah sembarangan.
Kesadaran dan pendidikan adalah sebuah kunci yang dapat digunakan untuk membuka dan menumbuhkan rasa kepedulian kita terhadap penyelesaian persoalan lingkungan.  Penyadaran adalah langkah awal untuk menuju kepada suatu perubahan pola pikir dan perilaku sosial. Harapan dari pendidikan lingkungan adalah mencoba mengatasi atau menyelesaikan persoalan lingkungan dengan mencegah menimbulkan persoalan lingkungan yang baru.  Lingkungan sangatlah butuh perhatian yang besar dari penghuninya. Kebiasaan serta kesadaran yang kita lakukan dalam penyelamatan lingkungan sangatlah berperan besar dalam kelangsungan hidup manusia di muka bumi ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar